• Home

Home » , » Tips Singkat Cara Beternak Burung Kenari

Tips Singkat Cara Beternak Burung Kenari

Written By Admin on Senin, 08 Juli 2013 | 21.19


beternak kenari

Burung kenari adalah salah satu burung yang banyak dicari baik untuk dipelihara untuk sebagai hobi bahkan juga dirawat dengan baik agar bisa menjadi juara dalam perlombaan dan sekarang ini burung kenari banyak juga di jadikan sebagai ladang bisnis, karena harga burung ini termasuk mahal jika sudah menjadi burung yang pintar berkicau bisa berkisar antara 300 sampai 500 ribuan.

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tips cara beternak burung kenari berikut ini adalah di antaranya:

Pisahkan kenari jantan dan betina
Burung kenari jantan dan betina sebelum mulai ditangkarkan sebaiknya dijauhkan dahulu sebelum mereka benar-benar siap untuk dikembang biakan. terkecuali burung sudah pernah produksi atau sejodoh. hal ini untuk mencegah burung kenari jantan menyerang burung kenari betina jika burung kenari betina tersebut belum siap untuk berproduksi.

Perhatikan tanda-tanda kenari siap kawin

Burung kenari jantan lebih cepat mengalami birahi dibanding burung betina, dalam hal ini anda bisa melihat kondisi burung kenari jantan dan betina yang sudah siap dikawinkan tersebut dengan melihat sifatnya yaitu antara lain :

  1. Burung Jantan akan lebih cenderung menurunkan kedua sayapnya sewaktu berkicau.
  2. Burung Jantan akan berkicau dengan lebih lantang dan rajin.
  3. Burung Jantan akan memiliki sifat teritorial saat dipertemukan dengan burung jantan lain.
  4. Burung Betina akan sering merobek kertas.
  5. Dari semua tanda yang paling akurat adalah melihat Ven atau alat kelamin mereka yang akan memerah dan membengkak.
  6. Burung betina juga akan lebih sering mengangkat ekor mereka sewaktu didekatkan dengan burung jantan.

Menjodohkan kenari

Menjodohkan burung kenari bisa dengan cara menempelkan kedua kandang mereka selama beberapa hari atau bisa juga dengan memaukan burung betina kedalam kandang penangkarannya lalu kandang yang berisi burung jantan dimasukan juga kedalam kandang penangkaran tersebut. Proses ini disebut juga dengan proses perkenalan atau perjodohan, tanda-tanda mereka berjodoh adalah jika burung kenari jantan lebih sering berkicau dan burung betina akan membungkuk jika mendengar kicauan burung jantan tadi. serta burung betina akan lebih senang jika berada didekat kandang burung jantan.
Setelah proses perjodohan berjalan lancar, burung bisa disatukan dalam satu kandang penangkaran. jika burung dalam beberapa hari masih terlihat berantem maka proses perjodohan ini bisa diulangi kembali sampai mereka benar-benar menjadi pasangan yang cocok.

Pasang kotak sarang

Sediakan wadah atau tempat bersarang untuk burung kenari tersebut bertelur. wadah sarang ini banyak dijual di toko-toko kandang atau asesoris dan pakan burung dengan jenis dan harga yang bervariasi. gunakan juga sarang yang sudah jadi dan bahan-bahan sarang yang ditebarkan dilantai dari kandangnya.

Berikan pakan yang cukup

Berbeda dengan perawatan hariannya, perawatan kenari selama berkembang biak membutuhkan banyak asupan gizi yang didapatkan dari makanan utama dan makanan tambahannya, berikan eggfood sebagai pelengkap serta tulang sotong dan grit untuk membantu kebutuhkan kalsium, jangan lupa juga menyediakan vitamin dan suplemen khusus untuk burung anda misalnya BirdMature dan BirdVit.

Pengamatan sarang 

Kenari Betina dapat bertelur dengan jumlah hingga 8 butir telur dalam sekali bertelur, meskipun telur yang umum dihasilkan adalah berjumlah 5 butir saja. dan dalam prosesnya dibutuhkan waktu selama 2 minggu atau 14 hari untuk telur tersebut menetas. dan selama waktu kenari mulai bertelur dan menetas hingga pelolohan anaknya ,sebaiknya anda membuat catatan khusus sebagai laporan pengamatan mengenai penangkaran burung kenari anda.

Pemisahan anakan

Anak kenari yang sudah berusia 3 minggu biasanya sudah bisa mandiri dan keluar dari sarangnya , pada usia ini burung kenari muda tersebut bisa diberikan ring pengenal dan dipisahkan dalam kandang tersendiri mereka.

Itu tadi adalah sbebeara tips cara merawat maupun beternak  burung kenari , semoga informasi itu tadi bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba semoga usaha bisnis kenari anda menjadi usahs yang berjslaan lancar alias Sukses amin.

Share this article :

2 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Oahu is the easiest way to offer the itunes charge cards plus it will take approximately 5 hermes replica to turn the credit card directly into funds. You will need to remember that so that you can promote the credit card that cannot are already earlier filled onto your itunes consideration. In the event you insert the particular credit card on your own consideration the balance will probably be gucci replica on your own consideration eternally. We all nonetheless have got several choice makes use of for your credit card when you have previously put it on the consideration thus make sure you please read on. If the equilibrium is already caught on your own consideration and you also very own a great i phone, ipad tablet or perhaps apple personal computer it is possible to constantly utilize the breaks to get computer software programs. You can find virtually countless programs accessible and that means you can locate louis vuitton replica hats you want. Also if you can not locate a great request you want take into account investing in a productiveness request or perhaps obtain a concerns of your mag you want. Nonetheless not necessarily confident it is a excellent usage of funds? Next please read on for our ultimate advice regarding gucci replica makes use of regarding itunes charge cards. Take into account donating the balance on your own itunes consideration unless you desire to benefit or perhaps put it to use about several mass media or perhaps a great request. How will you provide the itunes equilibrium? Merely try to find a great request or perhaps track which is hermes birkin replica almost all continues with a charitable result in. You can find constantly a lot of solutions since programmers and also artists try and advertise their particular audio simply by hanging their particular merchandise with a worthwhile result in.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.